Tak Hanya Di Indonesia, Klub Sepakbola Ini Berasal Dari Militer

Liga 1 Indonesia musim perdana ini, setelah fakum selama kurang lebih dua tahun terakhir ini akibat terkena sanksi FIFA, kedatangan beberapa tim baru. Diantaranya yakni Bhayangkara FC dan PS TNI. Kedua tim tersebut sama-sama dimiliki oleh instansi kepolisian dan militer.

PS TNI
PS TNI, salah satu tim profesional yang berasal dari barak militer

Ternyata, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang terdapat klub-klub berlatar belakang militer dan kepolisian. Tetapi negara-negara lain di dunia juga ada tim yang lahir dari barak.

Lahir dari keinginan para petinggi instansi kepolisian dan militer untuk mewadahi para anggotanya yang gemar bermain sepakbola. Sebuah klub pun terbentuk dan secara perlahan klub yang pada awalnya amatir itu kini memiliki potensi untuk menjadi klub sepakbola profesional.

Dengan latar belakang yang sama, yakni berasal dari barak. Berikut ini beberapa klub yang berbasis kepolisian dan militer di seluruh dunia.

Tiga Klub Dengan Berlatar Belakang Militer Dan Kepolisian

Navy FC
Navy FC,
  • Navy FC

Ternyata, di Thailand tidak hanya Army United sebagai klub profesional yang berasal dari barak militer dan kepolisian, tetapi juga Navy FC. Apabila Army United bentukan dari angkatan darat, sedangkan Navy ini terbentuk dari angkatan laut Thailand atau Royal Thai Navy.

Klub yang kini bernama Navy FC setelah sebelumnya dikenal dengan nama Siam Navy, saat ini tengah berkancah di Thai League 1 yang merupakan kompetisi tertinggi antarklub sepakbola di Negeri Gajah. Dan hingga memasuki pekan ke 27, masih berada di peringkat ke 12 dalam tabel klasemen sementara.

Walaupun Navy lebih sukses ketimbang Army United, namun tim berjuluk yo-yo ini seringkali harus merasakan kompetisi divisi kedua. Bahkan penampilannya dapat dikatakan tidak stabil.

Bagi masyarakat Indonesia terkhusus para penggemar Persija Jakarta, The Jakmania, mungkin nama Navy FC sudah tidak asing lagi.

Pasalnya, Victor Igbonefo yang sebelumnya membela tim asal Jakarta ini, kini membela Navy FC. Bahkan sang pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco juga sebelumnya menangani tim asal Thailand ini.

  • Dynamo Dresden

Dresden SC, klub lokal asal Dresden yang merupakan saksi sejarah perang dunia kedua. Klub ini sempat mengalami peralihan era dan bahkan pernah mengalami pembubaran.

Sebelum pada akhirnya kembali dibentuk pada tahun 1953 dengan manajemen yang lebih tertata dan saat ini bernama SV Dynamo. Pembentukan klub ini bertujuan sebagai ikon kota Dresden yang dimana para pemainnya merupakan anggota kepolisian Jerman.

Klub ini menjadi alat bagi ketua polisi rahasia Jerman (Stasi) pada saat itu, Eric Mielke untuk mengembangkan kota Berlin yang notabenenya merupakan ibukota Negeri Hitler.

Pada akhir 70-an, Dresden menjadi salah satu klub yang disegani di Eropa. Pasalnya, mereka pernah melawan Benfica, Juventus dan Porto. Dan saat ini berkancah di divisi kedua Jerman.

Warriors FC, Salah Satu Klub Terbaik Di Singapura

Warriors FC menjadi nama resmi klub profesional asal Singapura ini sejak tanggal 20 Januari 2013. Setelah sebelumnya menggunakan nama Singapore Armed Forces Football Club.

Warriors FC
Salah satu tim terbaik di Singapura adalah Warriors FC, yang merupakan tim asal militer

Tim yang memilih badak sebagai logo klub sempat menjadi bahan pertimbangan. Pasalnya, S-League (kompetisi tertinggi sepakbola Singapura) mempertanyakan ke pihak klub, mengapa memilih gambar hewan sebagai ikon klub.

Dalam sejarahnya, 1975 merupakan tahun terbentuknya Warriors FC ini oleh para tentara Singapura dan menjadi tempat bagi masyarakat yang memiliki talenta sepakbola untuk melayani negara dari segi olahraga.

Seiring berjalannya waktu, Warriors FC tidak lagi bermaterikan para militer. Karena para tentara tidak diperbolehkan untuk bermain sepakbola secara profesional.

Meski saat ini telah diisi oleh para pemain profesional dan asing, Warriors FC tetap menjadi salah satu tim terbaik di Singapura dengan berhasil meraih sembilan trofi S-League.