Gokil! Sepakbola Ternyata Lebih Dari Sekedar Permainan

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang saat ini paling banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia dan bahkan selalu dinantikan banyak orang.

Sepakbola
Sepakbola menjadi salah satu jenis olahraga yang populer di dunia

Olahraga tersebut selalu menarik untuk disaksikan, banyak orang yang juga memilih untuk menjadi bagian dalam permainan ini.

Pada sejarahnya, sepakbola dikenal di Cina pada abad ke 2 dan ke 3 sebelum Masehi. Selain itu, jenis permainan serupa juga berkembang di Jepang dengan sebutan Kemari. Dan di Italia juga olahraga yang sama, tepatnya di abad ke-16.

Akan tetapi, Inggris menjadi negara yang mengembangkan permainan menendang bola itu. Bahkan pihak mereka telah membuat suatu peraturan dasar dalam memainkan sepakbola.

Dan sekitar tahun 1880-an negara dengan julukan Negeri Ratu Elizabeth itu mulai memperkenalkan permainan sepak bola ke seluruh negara di dunia.

Hingga di tahun 1904, suatu organisasi sepak bola dunia berdiri. Organisasi tersebut bernama FIFA. Kemudian, berbagai turnamen sepakbola mulai di pertandingkan di sejumlah negara.

Salah satu ajang sepakbola yang paling terkenal dan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh pencinta lapangan hijau adalah pergelaran Piala Dunia. Pasalnya, turnamen tersebut mempertemukan antar negara di seluru dunia.

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, kenapa banyak sekali orang yang sangat mencintai jenis permainan ini.

Ternyata, sepakbola bukan hanya sekedar permainan belaka. Melainkan olahraga yang dapat menghilangkan rasa stress. Tidak hanya itu, sepakbola memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan mental serta fisik.

Lantas, apa saja manfaat sepakbola dari segi kesehatan. Berikut ini tiga manfaat yang dapat kalian dapatkan ketika memainkan permainan ini.

Ini Dia Tiga Manfaat Sepakbola Untuk Kesehatan

Manfaat-Sepakbola
Berbagai manfaat sepakbola untuk kesehatan tubuh
  • Kesehatan Fisik

Sepakbola menjadi salah satu satu jenis olahraga yang sangat baik untuk melatih kemampuan fisik serta ketahanan kondisi badan. Pasalnya, ketika kalian memainkan permainan ini, makan kalian akan berlari dan berjalan terus menerus.

Hal itu tidak hanya berlaku untuk pemain yang berposisi sebagai bek, gelandang maupun penyerang, tetapi juga termasuk penjaga gawang yang selalu berada di bawah mistar gawang dan pergerakannya terbilang statis. Karena, kiper juga harus melompat demi menghindarkan bola masuk ke gawang.

Dengan berolahraga sepakbola, maka tulang dan otot menjadi semakin kuat. Selain itu, juga akan meningkatkan ketahanan daya tubuh. Organ jantung juga akan berkerja secara maksimal.

  • Kekuatan Mental

Baik buruknya seseorang memainkan permainan sepakbola itu tergantung pada kekuatan mental yang dimilikinya. Mental itu seperti suatu elemen fisik yang sudah melekat di dalam jiwa seorang pemain.

Dalam permainan ini, ada kalanya akan jatuh bangun tanpa mengenal kata menyerah. Hal itu serupa seperti kehidupan sebenarnya yang harus tetap diperjuangkan meski berbagai rintangan silih berganti.

Kecerdasan Otak

Tahukah kalian bahwa sepak bola itu juga dapat mencerdaskan otak? Ya, sepakbola tidak hanya sekedar permainan yang mengandalkan kekuatan fisik saja. Melainkan juga dituntut untuk cepat berpikir dalam memutuskan berbagai hal di atas lapangan.

Manfaat-Sepakbola
Sepakbola juga dapat mencerdaskan kemampuan otak

Sebagai contoh, apabila kalian merupakan seorang penyerang, maka tugas utama kalian adalah mencetak gol. Namun ketika berada di situasi yang kurang memungkinkan untuk melesakkan tendangan langsung ke arah gawang, maka kalian harus cepat mengambil keputusan, apakah bola akan kalian langsung tendang atau mengoper ke teman kalian.

Bahkan ketika tempo permainan lambat sekalipun, kalian harus berpikir cepat bagaimana caranya menciptakan sebuah peluang dalam menempatkan ataupun menendang bola dan juga menentukan posisi diri kalian sendiri.